Perangin-angin, Nova Eunike and Siagian, Henok (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 20 MEDAN T.P 2013/2014. Jurnal INPAFI, 03 (02). pp. 115-123. ISSN 2337-4624
Fulltext.pdf - Published Version
Download (825kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas X semester II pada materi pokok suhu dan kalor SMA Negeri 20 Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dsJam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Peminatan science yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-MS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X-MS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay test dengan jumlah 10 soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 43,69 dengan simpangan baku 7,8 dan nilai rata-rata kelas kontrol 42,78 dengan simpangan baku 8,5. Berdasarkan hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan a = 0,05 diperoleh thitung = 0,455 dan ttabel = 1,998 maka kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran kcmvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan,
dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,06 dengan simpangan baku 8,587 dan kelas kontrol 67,818 dengan simpangan baku 7,69. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 3,70 dan ttabel = 1,669 yang berarti ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X SMA Negeri 20 Medan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Suhu; Kalor; Pembelajaran berbasis masalah; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 01:19 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20730 |