Sinaga, Marta (2016) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTUM KMIA SMA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131057 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4123131057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. NIM 4123131057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM 4123131057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM 4123131057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM 4123131057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4123131057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM 4123131057 BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
14. NIM 4123131057 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
15. NIM 4123131057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM 4123131057 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh penuntun praktikum yang standar untuk siswa kelas XI SMA/MA semester satu pada materi laju reaksi, populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia SMA/MA yang tersebar dan digunakan sekolah-sekolah di Sumatera Utara, semua guru kimia SMA se-Sumatera Utara, seluruh dosen kimia di UNIMED, dan seluruh siswa kelas XI di SMA N 10 dan SMA N 14 Medan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan esperimen (development research). Langkah penelitian meliputi: 1) analisis penuntun pratikum kimia yang digunakan di kelas XI semester satu; 2) pengembangan penuntun praktikum untuk materi laju reaksi; 3) validasi penuntun praktikum oleh dosen, guru, dan siswa; 4) uji coba penggunaan penuntun praktikumdalam pembelajaran untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadapan penuntun praktikum yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum yang telah dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA semester satu pada materi laju reaksi telah layak/standar sesuai dengan BSNP. Penuntun praktikum untuk materi laju reaksi terdiri dari percobaan: 1) pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi; 2) pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi; 3) pengaruh temperatur terhadap laju reaksi; 4) pengaruh katalis terhadap laju reaksi; 5) orde reaksi. Standarisasi penuntun praktikum oleh dosen dan guru memperoleh nilai rata-rata 3,6 dan hasil standarisasi oleh siswa memperoleh rata-rata 3,72yang artinya valid dan tidak perlu revisi dan memberikan respon yang positif. Hasil uji coba menunjukkan bahwa implementasi penuntun praktikum yang telah dikembangkan memberikan hasil pemahaman siswa di SMA N 10 Medan tinggi pada percobaan laju reaksi dengan nilai rata-rata pretest 40,81; postest 81,97 dan di SMA N 14 Medan memperoleh nilai rata-rata pretest 30,81 dan postest 81,28. Hal itu menunjukkan bahwa penuntun praktikum kimia SMA yang dikembangkan baik dan layak digunakan untuk kegiatan praktikum di SMA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 127 |
Keywords: | Penuntun Praktikum;Pendidikan IPA; Laboratorium |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:34 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20721 |