Widiawati (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN ALKANA DAN SIKLOALKANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121131028 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4121131028 HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
3. NIM 4121131028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM 4121131028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM 4121131028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 4121131028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM 4121131028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8. NIM 4121131028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM 4121131028 BAB I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
13. NIM 4121131028 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 4121131028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Penerapan model pembelajaran dan pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk
mengetahui bahan ajar yang digunakan memenuhi kriteria BSNP, dan untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar modul
berbasis proyek pada pokok bahasan alkana dan sikloalkana. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 10 Medan yang
terdiri dari 6 kelas dengan rata – rata siswa per kelas sebanyak 40 orang. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yakni satu kelas
sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Sampel siswa
diambil 20 orang siswa per kelas yang dipilih secara acak dan berdasarkan tabel
kreijci dengan α = 0,05 yang menjadi sampel sebanyak 19 orang. Pada kelas
eksperimen dibelajarkan model Project Based Learning menggunakan bahan ajar
modul berbasis proyek dan pada kelas kontrol dibelajarkan model Project Based
Learning tanpa menggunakan bahan ajar modul berbasis proyek. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian BSNP (Badan Standar
nasional Pendidikan) yang akan dibagikan kepada 1 guru kimia dan 3dosen kimia,
dan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang valid dan reliabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar memenuhi kriteria BSNP, data yang
diperoleh Kelayakan Isi = 3,78; Kelayakan Bahasa = 3,83; Kelayakan Penyajian =
3,68; Kelayakan Kegrafikan = 3,76 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi.
Sebagai prasyarat uji hipotesis hasil belajar kedua kelompok sampel diuji
homogenitas dengan menggunakan uji Levene Test pada program SPSS-20 for
windows. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua kelompok
sampel berdistribusi homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji
Independent Sample T-Test yaitu uji t pihak kanan. Berdasarkan uji hipotesis hasil
belajar siswa diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa
yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar modul berbasis proyek pada pokok
bahasan alkana dan sikloalkana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 130 |
Keywords: | Pengembangan;Alkana dan Sikloakana; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:16 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20718 |