Wulandika, Silvi (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS LESSON STUDY MENGGUNAKAN MEDIA ISIS DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123331048 Cover Skripsi.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4123331048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 4123331048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5. NIM. 4123331048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 4123331048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 4123331048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM. 4123331048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 4123331048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
10. NIM. 4123331048 BAB 1.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 4123331048 BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
15. NIM. 4123331048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa
dengan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study menggunakan media isis
draw memberikan pengaruh lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa dengan
model pembelajaran ekspositori pada materi hidrokarbon dan proses pelaksanaan
indikator pembelajaran inkuiri berbasis lesson study pada siswa. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lubuk Pakam
yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang
diambil secara acak (random), 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas
sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen
adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang valid
dengan tingkat reliabel 0,805. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan
model pembelajaran Inkuiri berbasis lesson study menggunakan media isis draw
dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran ekspositori.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37 dan nilai
rata-rata post-test adalah 87 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar
32 dan nilai rata-rata post-test adalah 74. Hasil uji hipotesis dengan taraf
signifikan 0,05 diperoleh thitung> ttabel yakni 9,286 > 1,6671 maka Ha diterima dan
Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa dengan
model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study menggunakan media isis draw
memberikan pengaruh lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa dengan
model pembelajaran ekspositori pada materi hidrokarbon. Kemudian proses
pelaksanaan indikator pembelajaran inkuri berbasis lesson study dapat dilihat dari
rata-rata persentase keterlaksanaan indikator pembelajaran berbasis Lesson Study
pada pertemuan pertama dan kedua yaitu sebesar 62,5 % menjadi 84,38%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 222 |
Keywords: | Inkuiri; Lesson Study; Isis Draw; Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 04:40 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20707 |