Sirait, Doni Desmon (2016) ANALISIS HUBUNGAN PEMANFAATAN LABORATORIUM DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 MEDAN PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141025 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. 4123141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. NIM. 4123141025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 4123141025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM. 4123141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 4123141025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7. NIM. 4123141025 TABLES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM. 4123141025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM. 4123141025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
13. NIM. 4123141025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM. 4123141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan laboratorium dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA sebanyak sepuluh kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak tiga kelas. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif korelasi. Untuk mengetahui pemanfaatan laboratorium biologi di SMA Negeri 5 Medan, dilakukan pembagian angket kepada siswa yang diwakili oleh tiga kelas sampel yaitu kelas XI IPA 7, XI IPA 8 dan XI IPA 9. Dari pengisian angket, diketahui pemanfaatan laboratorium biologi SMA Negeri 5 Medan tergolong tinggi dengan persentase sebesar 80,52%. Sementara untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa, dilakukan studi dokumentasi. Dari kegiatan tersebut, diketahui rata-rata hasil belajar biologi siswa pada semester genap sebesar 89,04. Dari hasil analisis data yang dilakukan, ternyata ada hubungan antara pemanfaatan laboratorium dengan hasil belajar biologi siswa. Adanya hubungan ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi yang diuji dengan menggunakan rumus korelasi product moment Pearson. Dari hasil pengujian diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,66 lebih besar dari rtabel 0,18 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai ini tergolong interpretasi tinggi dengan kontribusi sebesar 43,56%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 149 |
Keywords: | Pemanfaatan Laboratorium; Hasil Belajar; Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 03:52 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20684 |