Karina (2016) EFEKTIVITAS TEKNIK MNEMONIK TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4111141012 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4111141012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. NIM 4111141012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM 4111141012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM 4111141012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM 4111141012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4111141012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4111141012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM 4111141012 BAB I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
14. NIM 4111141012 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
15. NIM 4111141012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya efektivitas teknik
mnemonik terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi Manusia di
kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut
Sei Tuan yang terdiri dari 5 kelas IPA dan jumlah seluruhnya 200 orang siswa.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak (random
sampling) yaitu kelas XI IPA2 yang terdiri dari 30 orang.penelitian ini merupakan
penelitian pra-eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data
adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji cobakan validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Instrumen penelitian yang
digunakan sebanyak 25 soal.Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif,
keefektifan teknik Mnemonik dalam penelitian ini dapat dilihat dari rata-rata hasil
belajar siswa yang tergolong tinggi 85,2, ketuntasan belajar siswa secara klasikal
tergolong tinggi dengan persentase 86,6%, ketuntasan pencapaian indikator telah
tercapai dengan persentase 81,9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan teknik Mnemonik pada Sistem Ekskresi
Manusia memberikan hasil yang baik terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 152 |
Keywords: | Efektivitas; Teknik Mnemonic; SistemEkskresi Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL605 Chordates. Vertebrates > QL700 Mammals |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 03:37 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20683 |