Hidayati, Irma (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN TALKING STICK PADA SUBMATERI SISTEM INDERA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122141027 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4122141027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
3. NIM 4122141027 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM 4122141027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM 4122141027 TABLE OF COUNTENTS.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. NIM 4122141027 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7. NIM 4122141027 TABLES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM 4122141027 APPENDIXS.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. NIM 4122141027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13.NIM 4122141027 CHATER V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
14.NIM 4122141027 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran index card match dan talking stick pada
submateri sistem indera manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Medan. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain
penelitian non equivalent pre-test post-test control group design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Medan. Sampel
diambil dengan teknik purposive sampling, terdiri dari 2 kelas, kelas XI IPA3
diajar menggunakan model pembelajaran index card match dan XI IPA4 diajar
menggunakan model pembelajaran talking stick, masing-masing kelas terdapat 35
siswa. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran index card match ( ) = 77.02 dengan standar
deviasi (SD) = 8.476 dan rata-rata menggunakan model pembelajaran talking stick
( ) = 71.08 dengan standar deviasi (SD) = 8.406. Rata-rata hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran index card match lebih tinggi daripada
menggunakan model pembelajaran talking stick. Pengujian hipotesis
menggunakan uji-t dan taraf signifikansi (α) = 0.05 diperoleh thitung > ttabel
(2.956 >1.997) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran
index card match dan talking stick pada submateri sistem indera manusia di kelas
XI IPA SMA Negeri 6 Medan T.P. 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 186 |
Keywords: | Sistem Indera Manusia; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Index Card Match; Model Pembelajaran Talking Stick. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 10:00 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 10:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20663 |