Gultom, Rahmad H. (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS ARGUMENTASI PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141077 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM. 4123141077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 4123141077 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 4123141077 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 4123141077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 4123141077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4123141077 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 4123141077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4123141077 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM. 4123141077 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 4123141077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menyusun instrumen penilaian berbasis
argumentasi pada materi pokok ekosistem kelas X Sekolah Menengah Atas
(SMA) mengikuti tahap pengembangan instruksional model 4-D. (2) menilai
kelayakn perangkat penilaian berbasis argumentasi pada materi ekosistem kelas
X SMA oleh ahli dan praktisi pendidikan. Penelitian menggunakan metode
deskriptif dengan desain pengembangan instruksional model 4-D, dibatasi hingga
tahap develop. Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran berbasis
argumentasi pada materi pokok ekosistem pada kelas X Sekolah Menengah Atas.
Penilaian produk instrument penilaian berbasis argumentasi menggunakan lembar
validasi yang meliputi aspek kelayakan materi, aspek kelayakan desain, dan
angket respon guru. Selanjutnya instrumen divalidasi oleh ahli instrumen.
Prosedur pengembangannya dimulai dari tahap: (1) analisis masalah; (2)
perancangan instrumen penilaian; (3) validasi instrument penilaian. Data penilaian
didapat dari 2 ahli materi, 2 ahli desain dan 4 responden praktisi. Hasil validasi
aspek materi oleh ahli materi pada instrument penilaian berbasis argumentasi pada
materi ekosistem yang dikembangkan masuk pada kriteria sangat baik. Hasil
validasi aspek desain oleh validator ahli desain masuk pada kriteria sangat baik.
Hasil penilaian guru biologi terhadap Instrumen Penilaian berbasis argumentasi
pada materi ekosistem kelas X Sekolah Menengah Atas yang dikembangkan
masuk pada kriteria sangat baik. sehingga dapat disimpulkan bahwa instrument
penilaian berbasis argumentasi pada materi ekosistem kelas X Sekolah Menengah
Atas ini layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 172 |
Keywords: | Pengembangan; Instrumen Penilaian; Argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 09:55 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 09:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20662 |