Siagian, Henok and Situmorang, Riris A. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS. Jurnal INPAFI, 04 (01). pp. 39-46. ISSN 2337-4624
Fulltext.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
Abstract
inquizy training terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 1 Girsang Sipanganbolon. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 8 kelas dan berjumlah 240 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel masing-masing 30 orang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisa data diperoleh skor rata -rata pretes kelas eksperimen 43,4 pada kelas kontrol sebesar 43,3. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis yang menunjukkan kemampuan awal siswa kedua kelas tersebut sama. Pembelajaran dengan
menggunakan model Inquiry Training pada kelas ekperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol menghasilkan skor rata-rata postes kelas eksperimen 75,1 dan kelas kontrol 65,6. Kedua kelas juga merupakan data yang normal dan homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis yang menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran
inquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 1 Girsang Sipanganbolon.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Inquiry training; Keterampilan proses sains; Hasil belajar; Listrik dinamis; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 07:01 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20632 |