Alpira, Rizki Ananda (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MODEL INQUIRY PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123341042 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4123341042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM. 4123341042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 4123341042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 4123341042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 4123341042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 4123341042 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4123341042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4123341042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM. 4123341042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM. 4123341042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa
yang diajar menggunakan model Project Based Learning dengan Inquiry pada
materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Stabat. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas
X IPA SMA Negeri 1 Stabat yang bejumlah 6 kelas. Dengan jumlah siswa 288
orang. Pengambilan sampel secara purposive sampling dan didapat dua kelas
sebagai sampel yaitu kelas X- MIA 2 yang berjumlah 40 orang siswa diajarkan
dengan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas X-MIA 3 yang
berjumlah 39 orang siswa diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry. Ratarata
hasil belajar yang didapatkan untuk kelas Project Based Learning sebasar
82,9 ± 10,08 lebih baik dibanding kelas Inquiry dengan rata-rata hasil belajar
yaitu sebesar 78,46 dengan ± 12,19. Perbandingan hasil belajar siswa yang diajar
dengan model Project Based Learning dan model Inquiry adalah sebesar 1,2: 1.
Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung = 1,76 dan
ttabel=1,665 dengan dk=77 dan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria Ho
diterima jika – t1 – ½ < t < t1 - ½ , maka penelitian ini menolak Ho dan
menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil
belajar siswa yang diajar dengan model Project Based Learning dengan Inquiry
pada materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat
Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 182 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Pencemaran Lingkungan; Project Bassed Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 06:54 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20629 |