PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Siagian, Henok and Wasiyah (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal INPAFI, 02 (01). pp. 181-187. ISSN 2337-4624

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Termodinamika di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas XI-IPA 4 dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team dan kelas XI-IPA 1 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator, yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu rata-rata aktivitas pada kelas eksperimen 69,52. Untuk hasil belajar siswa, hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabelyaitu 3,99 > 1,668 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team pada materi pokok Termodinamika di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2012/2013.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran aktif, Quiz team, Hasil belajar, Aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Oct 2016 10:43
Last Modified: 21 Oct 2016 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20615

Actions (login required)

View Item
View Item