Sembiring, Rio Frananda (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMPNEGERI 1 KABANJAHET.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123321043 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4123321043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
3. NIM 4123321043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM 4123321043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 4123321043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 4123321043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4123321043 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 4123321043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 4123321043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
13. NIM 4123321043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4123321043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan pengaruh
model Pembelajaran Berdasrkan Masalah terhadap hasil belajar siswa di kelas
VIII Semester II pada materi pokok cahaya di SMP Negeri 1 Kabanjahe T.A
2015/2016.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 1
Kabanjahe yang berjumlah 400 siswa yang terdiri dari sepuluh kelas. Sampel
penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII9 (sebagai kelas eksperimen) yang
diberi perlakuan menggunakan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dan
kelas VIII7 (sebagai kelas kontrol) yang diberi perlakuan menggunakan model
Konvensional yang masing-masing berjumlah 39 orang yang ditentukan dengan
cara Cluster Random Sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam
penelitian ini digunakan tes esay dengan jumlah 10 item yang sebelumnnya telah
divalidasi, untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas
eksperimen adalah 30,33 dengan standar deviasi 8,81 dan kelas kontrol adalah
27,03 dengan standar deviasi 9,51 setelah pembelajaran selesai diberikan postes
dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 58,67 dengan standar deviasi 11,89 dan
kelas kontrol 43,90 dengan standar deviasi 11,77. Hasil pengamatan dan
perhitungan yang dilakukan oleh observer pada saat proses belajar, diperoleh
bahwa. persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dari pertemuan I yaitu 47,0 %,
pertemuan II rata-rata 59,3 %, serta pertemuan III rata-rata 74,8 %, adanya
peningkatan aktivitas pada setiap pertemuan. Dari hasil uji t diperoleh bahwa
hitung t
(5,49) > tabel t
(1,66) dengan α=0,05 dan dk=76, maka Ha di terima yang
berarti ada perbedaan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap hasil
belajar siswa pada materi pokok Cahaya di kelas VIII Semester II SMP Negeri 1
Kabanjahe T.A. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 116 |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Model Pembelajarn Berdasarkan Masalah; Cluster Random Sampling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC474 Radiation physics (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 04:50 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20589 |