Sudira, Habib (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142022 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 7123142022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
4. NIM. 7123142022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
3. NIM. 7123142022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. NIM. 7123142022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM. 7123142022 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. NIM. 7123142022 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 7123142022 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
9. NIM. 7123142022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
13. NIM. 7123142022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 7123142022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta Nur Azizi
Tanjung Morawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan menggunakan Media Pembelajaran Internet lebih
tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional siswa kelas X AK SMK Swasta Nur Azizi Tanjung
Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa
yang beralamat di Jalan Pahlawan No. 28 Tanjung Morawa. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Swasta Nur Azizi Tanjung
Morawa yaitu sebanyak 97 orang, dan Pengambilan sampel dalam penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu terdiri dari
2 kelas masing – masing berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah test pilihan berganda berjumlah 20 soal yang langsung diambil
dari buku teks sehingga validitas dan reliabilitas telah teruji. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu dengan menghitung nilai rata-rata, standard deviasi dan
varians, uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan
menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung >
ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis tidak dapat ditolak.
Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas eksperimen diperoleh
nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 46,4 dengan standar deviasi 6,53 dan nilai ratarata
postest yaitu sebesar 80,6 dengan standar deviasi 7,26. Dan pada kelas
kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 45,6 dengan standar deviasi
6,17 dan nilai rata-rata postest yaitu sebesar 75,4 dengan standar deviasi 7,76.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan = 0,05. Pada
postest hasil belajar diperoleh thitung = 2,44 sedangkan ttabel = 1,678 dengan thitung >
ttabel sehingga Ha tidak dapat di tolak.
Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan
media pembelajaran Internet lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar
yang diajar dengan model pembelajaran konvensional Tahun Pembelajaran
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 144 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Media Pembelajaran Internet; Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 08:08 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20541 |