Giantama, Haprila Putri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7123142023 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2 NIM. 7123142023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
4 NIM. 7123142023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3 NIM. 7123142023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5 NIM. 7123142023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
6 NIM. 7123142023 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7 NIM. 7123142023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8 NIM. 7123142023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9 NIM. 7123142023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
13 NIM. 7123142023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14 NIM. 7123142023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi
yang diajar dengan metode konvensional di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Binjai
Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Binjai yang beralamat di
Jalan Cut Nyak Dhien No.123 Binjai Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI IPS yaitu sebanyak 88 orang, dan pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian
ini terdiri dari 2 kelas, kelas XI IPS 1 yang berjumlah 44 orang dan kelas XI IPS 2
yang berjumlah 44 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes.
Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal.
Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba
instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda soal dan taraf
kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan menghitung
mean dan standar deviasi, uji normalitas menggunakan uji lilliefors, uji
homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan
kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05 maka hipotesis tidak dapat ditolak.
Dari hasil analisa data dan perhitungan pada kelas kontrol diperoleh nilai
rata-rata pre test yaitu sebesar 47,95 dengan standar deviasi 14,64 dan nilai ratarata
post test yaitu sebesar 68,07 dengan standar deviasi 12,54. Dan pada kelas
eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 51,59 dengan standar
deviasi 12,61 dan nilai rata-rata post test yaitu sebesar 85,34 dengan standar
deviasi 7,10. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α=
0,05. Pada post test hasil belajar diperoleh thitung = 7,89 sedangkan ttabel = 1,665
dengan thitung > ttabel sehingga Ha tidak dapat di tolak.
Jadi, berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal
Teaching lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan metode konvensional di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Binjai Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 112 |
Keywords: | Model Pembelajaran Reciprocal Teaching; Metode Konvensional; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 07:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20531 |