Hutagaol, Dewi Selfrasiska (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAPHASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA RK DELI MURNI DELI TUA T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142011 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 7123142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4. NIM. 7123142011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM. 7123142011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5. NIM. 7123142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 7123142011 TABLES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7. NIM. 7123142011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
8. NIM. 7123142011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
9. NIM. 7123142011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
13. NIM. 7123142011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM 7123142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI
IPS pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian untuk mengetahui hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing
dan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran
Konvensional pada siswa kelas XI IPS RK Deli Murni Deli Tua Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan pada SMA RK Deli Murni Deli Tua di jalan
IR. Nogio No 117 Deli Tua. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri 2
kelas dengan jumlah 80 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini adalah Random Sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas
XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, yang
masing-masing kelas terisi dari 30 siswa dengan jumlah 60 siswa. Instrument
yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan
berganda sebanyak 20 soal.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa
kelas ekperimen = 48,5 dengan Standar Deviasi = 8,215 dan nilai rata-rata posttest
siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing
= 83,667 dengan Standar Deviasi = 6,814. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa
kelas kontrol = 43,166 dengan Standar Deviasi = 9,954 dan nilai rata-rata post-test
siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Konvensional = 66,833 dengan
Standar Deviasi = 5,33. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar
berdistibusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian
hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan dipeoleh thitung > ttabel (2,526
> 1,667), yang berarti hipotesis dapat diterima anatara variabel X dan Y pada taraf
signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk= N + N – 2 = 58.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih tinggi
dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode
pembelajaran Konvensional materi pencatatan transaksi ke jurnal umum pada
siswa kelas XI IPS SMA RK Deli Murni Deli Tua T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 145 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing; Hasil Belajar;Akuntansi Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 07:08 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20528 |