Rambe,, Abdul Fazran (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN CHANGING PATRNER TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS MAN 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7113142001 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM.71131420021APPROVAL.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
4. NIM. 7113142001ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. NIM.7113142001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 7113142001 TBLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. NIM. 7113142001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM.7113142001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 7113142001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
9. NIM. 7113142001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
13. NIM.7113142001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM.7113142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
kelas XI IS di MAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model
pembelajaran Problem Posing dan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan
model pembelajaran Changing Partner siswa kelas XI IS MAN 3 Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Medan yang beralamat di Jl. Pertahanan
No.99 Medan Amplas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS yang
berjumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple
random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 1 (XI IS1) dan eksperimen 2 (XI
IS2) yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah tes. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak
20 soal. Dimana sebelumnya tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat
tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik
analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji
normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t
pada taraf α= 0,05.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen 1 nilai rata-rata pre-test dan post-test
yaitu 33,67 dan 77,83 dengan standar deviasi 13,38 dan 12,01. Sedangkan pada kelas
eksperimen 2 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 32,5 dan 70,17 dengan standar
deviasi 11,72 dan 13,42. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan
diperoleh thitung=2,332 dan ttabel = 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut
maka dapat disimpulkan thitung> ttabel yaitu 2,332> 1,671. Melalui kriteria pengujian
hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung> ttabel maka hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model
pembelajaran Problem Posing lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar
akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Changing Partner pada siswa
kelas XI IS MAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 163 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Posing; Changing Partner; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 02:17 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20492 |