Sinamo, Indra Warnita (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SALAK KAB. PAKPAK BHARAT T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.7122142004 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2.NIM.7122142004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4.NIM.7122142004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3.NIM.7122142004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4.NIM.7122142004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM 7122142004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7.NIM.71222142004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8.NIM7122142004 BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
12.NIM.7122142004 BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
13.NIM.7122142004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa pada pokok bahasan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang di Kelas XII SMA N 1 Salak Kab. PakPak Bharat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N 1 Salak Kab. PakPak Bharat Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Salak, Kabupaten Pakpak Bharat yang terletak di Jalan Sikandang Jandi No. 153. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Salak, yang berjumlah 112 orang. Sampel yang diambil berupa 2 kelas, dari 3 kelas yang tersedia, dimana salah satu kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen, dan yang lain ditetapkan sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yangb digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal, yang disadur dari beberapa buku IPS yang relevan terhadap program pembelajaran.
Teknik adalisis data yang digunakan adalah dengan menghitung nilai mean standar deviasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai mean tes hasil belajar kelas ekperimen 77 dan standar deviasi 9,641. Sementara itu, nilai mean test kelas kontrol sebesar 67,43 dengan standard deviasi 11,270. Untuk mengetahui normalitas, data hasil belajar diolah menggunakan Uji Liliofers, dan untuk mengetahui Homogenitas digunakan Uji F. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji t satu pihak dengan dk = n1 + n2 – 2 dan ttabel = 1,669 Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,820 dan ttabel = 1,669. Hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung > ttabel yang menyatakan bahwa ada pengeruh yang positif dan signifikan.
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan media pembelajaran Audio Visual, terhadap hasil belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1Salak Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 107 |
Keywords: | Media pembelajaran; hasil belajar siswa;Audio Visual |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 01:53 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20488 |