Sitohang, Risma (2016) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI KELAS V SDN 105309 SIBOLANGIT. Elementary School Journal, 05 (02). pp. 75-83. ISSN 2355-1747
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan materi Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD di kelas V SDN 105309
Sibolangit T.A 2012/2013. Objek penelitian adalah siswa/i kelas V SD yang berjumlah 35 orang siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh pada kondisi awal rata - rata skor kreativitas belajar siswa sebesar 23,94 dan pada Siklus I Pertemuan 1 sebesar 32,11. Pada Siklus I Pertemuan 2 diperoleh rata-rata skor kreativitas belajar siswa sebesar 35,49. Pada Siklus II Pertemuan 1 diperoleh
rata-rata skor kreativitas belajar siswa sebesar 41,17 dan pada Siklus II Pertemuan 2 diperoleh rata - rata skor kreativitas belajar siswa sebesar 52,63. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative
Learning Tipe STAD dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 105309 Sibolangit T.A 2012/2013.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Kreativitas; Cooperative learning; Ilmu sosial |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 10:36 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20483 |