Lubis, Arief Fradiansyah (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMK HARAPAN BANGSA KUALA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141014 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 7123141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
3. NIM 7123141014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM 7123141014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. NIM 7123141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
6. NIM 7123141014 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 7123141014 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 7123141014 APPENDINCES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM 7123141014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK Harapan Bangsa Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa SMK Harapan Bangsa Kuala T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Harapan Bangsa Kuala yang beralamat di Jalan Binjai-Kuala, Kel. Bela Rakyat Kec. Kuala, Kabupaten Langkat – Sumatera Utara, pada tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X BM SMK Harapan Bangsa Kuala yang berjumlah 70 orang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekhnik total sampling dimana sampelnya terdiri dua kelas eksperimen yaitu kelas X.1 dengan 35 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas X.2 dengan 35 siswa sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dimana sebelumnya telah dilakukan uji instrumen penelitian.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen I 46,43 dengan standar deviasi 11,855 dan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen II 45,43 dengan standar deviasi 11,655. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas pada data hasil tes kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing sebesar 81,14 dengan standar deviasi 11,186 dan nilai rata-rata pada kelas eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 75,29 dengan standar deviasi 12,364. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t dengan dk (n1+n2-2) pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis didapatkan thitung = 2,04 sedangkan untuk ttabel = 1,99. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,04 > 1,99 dengan kata lain hipotesis penelitian diterima.
Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X BM SMK Harapan Bangsa Kuala T.P.2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 051 |
Keywords: | Model Pembelajaran Snowball Throwing; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 06:41 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20463 |