PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN IKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA HASIL BELAJAR PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA SMK SWASTA TELADAN INDRAPURA T.P 2016/2017

Damanik, May Lenny (2016) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN IKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA HASIL BELAJAR PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA SMK SWASTA TELADAN INDRAPURA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7121141033_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7121141033_COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7121141033_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7121141033_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7121141033_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7121141033_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7121141033_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7121141033_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7121141033_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7121141033_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan
Model Pembelajaran Inqury dan Model Pembelajaran Problem Based Learning.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X-AP dan X-AK SMK Swasta Teladan Indrapura.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total Sampling dengan mengambil
semua populasi yaitu kelas X-AP sebagai kelas eksperimen1 dan X-AK sebagai
kelas eksperimen2. Sampel penelitian kelas eksperimen1 dan kelas eksperimen2
masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui
hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20
soal.
Kelas eksperimen1 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran
Inqury serta kelas eksperimen2 dengan model pembelajaran Problem Based
Learning. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen1 rata-rata pre-test sebesar
44,5 dan nilai rata-rata post-test adalah 77,33 sedangkan nilai rata-rata pre-test
untuk kelas eksperimen2 adalah 44,5 dan nilai rata-rata post-test adalah 82,83.
nilai rata-rata gain kelas eksperimen1 diperoleh 1,81127 dan nilai rata-rata gain
untuk kelas eksperimen2 adalah 3,05. Persentase peningkatan hasil belajar siswa
pada kelas eksperimen1 adalah 181,1% dan pada kelas eksperimen2 305,1%.
Hasil uji t diperoleh thitung 2,41 dan ttabel 1,66, sehingga hipotesis yang berbunyi
ada perbedaan yang positif dan signifikan model pembelejaran Inquiry dan model
pembelajaran Problem Based Learning pada hasil belajar administrasi
perkantoran siswa SMK Swasta Teladan Indrapura T.P 2016/2017diterima.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
siswa pengantar administrasi perkantoran yang diajarkan dengan menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKK-2016 ADP 059
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiry; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Administrasi Perkantoran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:25
Last Modified: 11 Jul 2017 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20459

Actions (login required)

View Item
View Item