PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK SWASTA SILOAM 2 MEDAN T.P 2016/2017

Sinaga, Rina Anggriani Hotmaria (2016) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK SWASTA SILOAM 2 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa di SMK Swasta Siloam 2 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah memberi sumbangan bagi pihak sekolah dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memberikan informasi mengenai prestasi belajar mata pelajaran kearsipan kelas X AP dilihat dari sudut pandang kreativitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Siloam 2 Medan yang beralamat di Jln. Rakyat No.145 Medan dengan mengambil sampel sebanyak 42 siswa yang diambil secara keseluruhan, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur kreativitas belajar dan motivasi berprestasi berupa angket atau kuesioner. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan hasil dari 20 instrumen kreativitas belajar terdapat 18 soal yang valid dan 2 soal yang tidak valid. Instrumen motivasi berprestasi dari 20 instrumen terdapat 17 soal yang valid dan 3 soal yang tidak valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas kreativitas belajar dimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,946 > 0,361 dan untuk reliabilitas motivasi berprestasi dimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,924 > 0,361.
Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan alpha 5 %. Hasil yang diperoleh menunjukkan kreativitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan dimana thitung > ttabel yaitu sebesar 5,919 > 1,683. Dan motivasi berprestasi berpengaruh secara positif dan signifikan dimana thitung > ttabel yaitu sebesar 1,968 > 1,683. Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel kreativitas belajar dan motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas X AP SMK Swasta Siloam 2 Medan. Dengan nilai Fhitung sebesar 280,677. Dimana Fhitung > Ftabel yaitu 280,677 > 3,24.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar dan motivasi berprestasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas X AP SMK Swasta Siloam 2 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ADP 090
Keywords: Kreativitas Belajar; Motivasi ;Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2016 08:10
Last Modified: 11 Oct 2016 08:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20429

Actions (login required)

View Item
View Item