Lubis,, Windy Ramadhani (2016) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123121156 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 7123141156 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
4. NIM 7123141156 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
3. NIM 7123141156 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM 7123141156 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM 7123141156 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 7123141156 ILLUSTRTION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7123141156 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7123141156 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM 7123141156 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 7123141156 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
kewirausahaan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan model pembelajaran debat dan kemampuan guru mengelola
kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan. Penelitian
ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 2 Helvetia pada kelas X AP-2
(menggunakan model pembelajaran konvensional dan kemampuan guru
mengelola kelas) dan X AP-3 (menggunakan model pembelajaran debat dan
kemampuan guru mengelola kelas).
Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dengan Simple
Random Sampling (sampel acak berkelompok). Rancangan penelitian ini adalah
menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) yang digunakan untuk
menguji hubungan model pembelajaran debat dan kemampuan guru mengelola
kelas dengan hasil belajar siswa. Bentuk design true experimental dalam
penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Instrumen yang
digunakan berupa tes obyektif dengan bentuk soal pilihan berganda dan angket
penelitian yang telah di lakukan uji validitas, realibilitas, daya pembeda dan
tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu
uji normalitas, homogenitas, regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan
melalui uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi.
Berdasarkan analisis data adapun hubungan Model Pembelajaran Debat
dengan hasil belajar diperoleh koefisien korelasi rhitung > rtabel 0,734 > 0,320 dan
Kemampuan Guru Mengelola Kelas dengan hasil belajar diperoleh koefisien
korelasi rhitung > rtabel sebesar 0,659 > 0,320. Yang mana di peroleh hasil bahwa (1)
ada hubungan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model
pembelajaran debat dengan siswa yang diajarkan menggunakan model
pembelajaran konvensional. Kesimpulan ini di dasarkan hasil uji hipotesis dengan
nilai post-tes yaitu nilai thitung 2,398 > ttabel 1,993 atau Fhitung 0,019 < (sig.) pada
taraf α 0,05. (2) Ada hubungan hasil belajar siswa dengan kemampuan guru
mengelola kelas. Kesimpulan ini di dasarkan hasil uji hipotesis dengan thitung 2,126
> ttabel 1,993 atau Fhitung 0,037 < (sig.) pada taraf α 0,05. Dan diperoleh nilai
determinasi (R2) = 0,160 dengan kontribusi dari koefisien yang didapat sebesar
0,916.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara model pembelajaran debat dan kemampuan guru
mengelola kelas dengan hasil belajar siswa di kelas X SMK Swasta PAB 2
Helvetia Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 069 |
Keywords: | Model Pembelajaran Debat; Kemampuan Guru Mengelola Kelas; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 07:06 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20417 |