HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA T.P 2015/2016

Lubis,, Windy Ramadhani (2016) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7123121156 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7123121156 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7123141156 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7123141156 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7123141156 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7123141156 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7123141156 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7123141156 PREFACE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7123141156 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7123141156 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7123141156 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7123141156 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7123141156 ILLUSTRTION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7123141156 ILLUSTRTION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7123141156 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7123141156 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7123141156 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7123141156 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7123141156 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7123141156 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7123141156 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7123141156 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
kewirausahaan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan model pembelajaran debat dan kemampuan guru mengelola
kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan. Penelitian
ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 2 Helvetia pada kelas X AP-2
(menggunakan model pembelajaran konvensional dan kemampuan guru
mengelola kelas) dan X AP-3 (menggunakan model pembelajaran debat dan
kemampuan guru mengelola kelas).
Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dengan Simple
Random Sampling (sampel acak berkelompok). Rancangan penelitian ini adalah
menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) yang digunakan untuk
menguji hubungan model pembelajaran debat dan kemampuan guru mengelola
kelas dengan hasil belajar siswa. Bentuk design true experimental dalam
penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Instrumen yang
digunakan berupa tes obyektif dengan bentuk soal pilihan berganda dan angket
penelitian yang telah di lakukan uji validitas, realibilitas, daya pembeda dan
tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu
uji normalitas, homogenitas, regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan
melalui uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi.
Berdasarkan analisis data adapun hubungan Model Pembelajaran Debat
dengan hasil belajar diperoleh koefisien korelasi rhitung > rtabel 0,734 > 0,320 dan
Kemampuan Guru Mengelola Kelas dengan hasil belajar diperoleh koefisien
korelasi rhitung > rtabel sebesar 0,659 > 0,320. Yang mana di peroleh hasil bahwa (1)
ada hubungan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model
pembelajaran debat dengan siswa yang diajarkan menggunakan model
pembelajaran konvensional. Kesimpulan ini di dasarkan hasil uji hipotesis dengan
nilai post-tes yaitu nilai thitung 2,398 > ttabel 1,993 atau Fhitung 0,019 < (sig.) pada
taraf α 0,05. (2) Ada hubungan hasil belajar siswa dengan kemampuan guru
mengelola kelas. Kesimpulan ini di dasarkan hasil uji hipotesis dengan thitung 2,126
> ttabel 1,993 atau Fhitung 0,037 < (sig.) pada taraf α 0,05. Dan diperoleh nilai
determinasi (R2) = 0,160 dengan kontribusi dari koefisien yang didapat sebesar
0,916.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara model pembelajaran debat dan kemampuan guru
mengelola kelas dengan hasil belajar siswa di kelas X SMK Swasta PAB 2
Helvetia Medan T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ADP 069
Keywords: Model Pembelajaran Debat; Kemampuan Guru Mengelola Kelas; Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2016 07:06
Last Modified: 11 Oct 2016 07:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20417

Actions (login required)

View Item
View Item