Emosda (2007) KARAKTERISTIK DALAM PARADIGMA PENELITIAN KUALITATIF. Jurnal Tabularasa, 04 (01). pp. 87-96. ISSN 1693-7732
TABULARASA VOL 04 NO1 JUNI 2007Emosda.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Dalam konteks menemukan kebenaran ilmiah rumpun sosial termasuk rumpun pendidikan telah dikembangkan paradigma penelitian kualitatif. Paradigma ini sangat berbeda dengan paradigma sebelumnya yang dikenal dengan paradigma kuantitatif. Dalam paradigma kualitatif tidak dikenal data sekunder dan data primer, walaupun kedua paradigma ini mengenal data yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Untuk mendukung keilmiahan paradigma penelitian kualitatif ada aksioma-aksioma yang mendasari pelaksanaan penelitian kualitatif. Aksioma-aksioma itu berkaitan dengan hakikat kenyataan, hubungan peneliti dan sumber data, kemungkinan generalisasi, kemungkinan hubungan kausal, dan peran nilai dala penelitian. Selain daripada itu, ada 10 karakteristik paradigma penelitian kualitatif yang membedakan dengan penelitian kuantitatif. Kesepuluh karakteristik itu terdiri atas (1) Latar ilmiah (2)Sampel terpilih (3)Manusia sebagai instrumen (4)Metode kualitatif (5) Analisis data secara induktif dan reduktif (6)Membangun teori dari dasar (7)Penelitian proses (8)Btas ditentukan oleh fokus (10)Desain bersifat sementara. Karakteristik ini memperlihatkan batas-batas untuk paradigma penelitian kualitatif yang membedakan dengan penelitian kuantitatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | karakteristik;paradigma; aksioman; penelitian kualitatif |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Mar 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/204 |