Mesiono (2014) PENGARUH KEKUASAAN ORGANISASI, KEKUASAAN INDIVIDU DAN KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP EFEKTIVITAS MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH PROVINSI SUMATERA UTARA. Doctoral thesis, UNIMED.
8106134008 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8106134008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
8106134008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8106134008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekuasaan organisasi, kekuasaan individu dan kemampuan kepemimpinan kepala madrasah terhadap efektivitas
manajemen berbasis madrasah di madrasah aliyah Provinsi Sumatera Utara. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian adalah (1) Terdapat Pengaruh langsung variabel Kekuasaan Organisasi terhadap Kemampuan Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah di Provinsi Sumatera Utara. (2) Terdapat Pengaruh langsung variabel Kekuasaan lndividu terhadap Kemampuan Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah di Provinsi Sumatera Utara.(3) Terdapat Pengaruh langsung variabel Kekuasaan Organisasi terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Aliyah Provinsi Sumatera Utara. (4) Terdapat Pengaruh langsung variabel Kekuasaan lndividu terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Aliyah Provinsi Sumatera Utara.(5) Terdapat
Pengaruh langsung Kemampuan kepemimpinan terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Aliyah Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan pada Madrasah Aliyah di Provinsi Sumatera Utara Tahun
2013. Metode penelitian yang dipergunakan adalah survey. Populasi penelitian ini adalah Kepala Madrasah sebanyak 422 orang yang tersebar pada 33 kabupatenlkota. Jumlah
sampel sebanyak 205 orang kepala madrasah yang ditentukan berdasarkan Taro Yamane dengan proportional random sampling. Untuk menentukan validitas instrumen diuji
melalui contenr validity dan construct validity yang selanjutnya diujicobakan kepada 50 orang responden di luar sampel penelitian. Hasil ujicoba untuk variabel efektivitas manajemen berbasis madrasah terdiri dari 78 butir yang gugur 14 dan yang valid 64. Untuk variabel kemampuan kepemimpinan kepala madrasah terdiri dari 41 butir yang gugur 7 dan yang valid 34. Variabel kekuasaan individual terdiri dari 56 butir yang gugur 10 dan yang valid 46. Untuk variabel kekuasaan organisasi terdiri dari 38 butir yang gugur 9 dan yang valid 29 Sedangkan uji reliabilitas instrumen dianalisis dengan rumus Omega dan reliabilitas secara keseluruhan menggunakan skor komposit dengan menggunakan kaedah kombinasi Linier dari Nunnally, dengan hasil analisis menunjukan bahwa keempat variabel berada pada tingkat reliabilitas yang tinggi. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (phat analysis). lnterprestasi hasil analisis data penelitian dilakukan dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kekuasaan Organisasi berpengaruh
langsung secara signifikan terhadap Kemampuan Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah di Provinsi Sumatera Utara sebesar 0,181 . (2) Kekuasaan lndividu berpengaruh
langsung secara signifikan terhadap Kemampuan Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah di Provinsi Sumatera Utara 0,173. (3) Kekuasaan Organisasi berpengaruh langsung secara signifikan terhadap efektivitas menajemen berbasis Madrasah Aliyah di Provinsi Sumatera Utara sebesar 0,240. (4) Kekuasaan lndividu berpengaruh langsung secara signifikan terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Aliyah Provinsi Sumatera Utara sebesar 0, 138. (5) Kemampuan kepemimpinan berpengaruh langsung secara signifikan terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Aliyah Provinsi Sumatera Utara sebesar 0, 164.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.201 1 Mes p |
Keywords: | Efektivitas manajemen berbasis masalah; Kemampuan kepemimpinan; Kekuasaan organisasi; Kekuasaan individu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 02:18 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20387 |