Anggryani, Gesty (2016) PENGARUH KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI-PM SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 7123341036 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 7123341036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
3. NIM. 7123341036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 7123341036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 7123341036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. NIM. 7123341036 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 7123341036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
8. NIM. 7123341036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 7123341036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13. NIM. 7123341036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
14. NIM. 7123341036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Kecerdasan Logika Matematika terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan, 2) Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan, 3) Pengaruh Kecerdasan Logika Matematika dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan siswa Kelas XI PM SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 47 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling.
Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel kecerdasan logika matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan yang ditunjukkan nilai thitung> ttabel (3,569>1,678) danvariabel kecerdasan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan yang ditunjukkan nilai thitng> ttabel ( 6,672 > 1,678). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa kecerdasan logika matematika dan kecerdasan interpersonal secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai Fhitung> Ftabel (36,357 > 3,21). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,756 yang artinya kecerdasan logika matematika dan kecerdasan interpersonal sebesar 75,6% dapat menjelaskan prestasi belajar kewirausahaan dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan logika matematika dan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar kewirausaha
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 096 |
Keywords: | Kecerdasan Logika Matematika; Kecerdasan Interpersonal; Prestasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 07:46 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20375 |