Fresenia (2016) PENGARUH PROFESIONALISME DOSEN, KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PEROLEHAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013 DI UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141051COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM 7123141051 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
4. NIM 7123141051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3. NIM 7123141051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM 7123141051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 7123141051 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 7123141051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7123141051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 7123141051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
13. NIM 7123141051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM 7123141051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Profesionalisme Dosen Terhadap Perolehan Indeks Prestasi, 2) Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Perolehan Indeks Prestasi, 3) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Perolehan Indeks Prestas, 4) Pengaruh Profesionalisme Dosen, Keaktifan Berorganisasi dan Kemandirian Belajar terhadap Perolehan Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 di Universitas Negeri Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purpose Sampling.
Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel profesionalisme dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel ( 7,774 > 1,676), variabel keaktifan berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi yang ditunjukkan nila thitung > ttabel ( 5,417 > 1,676) dan variabel kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitng > ttabel ( 5,417 > 1,676). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa profesionalisme dosen, keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel ( 226,512 > 2,79). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,933 yang artinya profesionalisme dosen, keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar sebesar 93,3% dapat menjelaskan indeks prestasi dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan Profesionalisme Dosen, Keaktifan Berorganisasi dan Kemandirian Belajar terhadap Perolehan Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 di Universitas Negeri Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 093 |
Keywords: | Profesionalisme Dosen; Keaktifan Berorganisasi; Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1805 State teachers colleges L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 01:30 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 01:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20332 |