Setiawan (2016) PENGARUH BELAJAR MANDIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELASXI IPS SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341106 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 7123341106 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
3. NIM. 7123341106 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 7123341106 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 7123341106 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
6. NIM. 7123341106 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 7123341106 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7123341106 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7123341106 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13. NIM. 7123341106 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM. 7123341106 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Belajar Mandiri terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Pengaruh Minat belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Pengaruh Belajar Mandiri dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas IX SMA Budisatrya Medan T.A.2016/2017 dengan populasi sebanyak 76 siswa dan dengan sampel sebanyak 76 siswa. Pemilihan sample dalam penelitian ini dilakukan dengan tehnik total sampling.
Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variable Belajar Mandiri (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (8,008 > 1,666) dan Minat belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel(7,485 > 1,666). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa profesionalisme dan kreativitas guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (57,904 > 3,12). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,613 yang artinya Belajar Mandiri dan Minat Belajar sebesar 61,3% dapat menjelaskan prestasi belajar ekonomi dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan professional dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi SMA St.Maria Medan T.P.2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 109 |
Keywords: | Belajar Mandiri; Minat Belajar; Prestasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 05:10 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20312 |