Artin., Andri Azhari (2016) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN EKONOMI SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341011 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 7123341011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM 7123341011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM 7123341011 PERFACE.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
5. NIM 7123341011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM 7123341011 TABLES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7. NIM 7123341011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8. NIM 7123341011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM 7123341011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
13. NIM 7123341011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
14. NIM 7123341011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar
ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Perhatian
Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Pengaruh Motivasi Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan
Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta
Prayatna Medan T.A.2015/2016 dengan populasi sebanyak 243 siswa dan dengan
sampel sebanyak 85 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan
dengan tehnik proporsional random sampling dengan cara undian.
Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda
Y=21,37720 + 0,537245X1 + 0,166948X2. Berdasarkan uji hipototesis secara
parsial diperoleh hasil perhatian orang tua berpengaruh secara posistif nilai thitung
sebesar 8,653 dan tingkat probabilitas 0,0000 dan hasil uji hipotesis parsial
motivasi belajar terhadap prestasi belajar menunjukkan hasil berpengaruh secara
positif dengan nilai thitung sebesar 2,446 dengan tingkat probabilitas sebesar
0,0165. Sedangkan untuk uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil perhatian
orang tua dan motivasi belajar berpengaruh secara positif dengan nilai Fhitung
sebesar 68,806 dengan tingkat probabilitas sebesar 0,0000. Berdasarkan uji
koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,6266 yang artinya perhatian
orang tua dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar
ekonomi sebesar 62,66% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh perhatian orang tua
dan motivasi belajar secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa
kelas X mata pelajaran ekonomi SMA Swasta Prayatna Medan T.P.2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 110 |
Keywords: | Perhatian Orang Tua; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20305 |