Munawar, Helmi (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341040 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM 7123341040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
3. NIM 7123341040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
4. NIM 7123341040 PERFACE.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
5. NIM 7123341040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
6. NIM 7123341040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. NIM 7123341040 TABLES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM 7123341040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM 7123341040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
13. NIM 7123341040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
14. NIM 7123341040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Information And Communication Technology terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Nur Azizi T.P 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Swasta Nur Azizi. Terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 76 siswa. X-IIS 1 berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan diajarkan dengan media pembelajaran Information And Communication Technology yang meliputi: Laptop, Proyektor LCD, Audio Visual dan Slide. X-IIS2 bejumlah 38 siswa sebagai siswa sebagai kelas control dan diajarkan dengan metode konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data observasi dan tes yang berbentuk pilihan berganda untuk soal pre test dan post test.
Dari analisis data, kelas eksperimen yang diajarkan dengan media pembelajaran Information And Communication Technology pre test ̅ = 68,55 ; SD 10,45 dan post test ̅ = 88,68 ; SD 10,04. Sedangkan kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional pre test ̅ = 66,05 ; SD 9,45 dan post test ̅ = 83,55 ; SD 19,063. Untuk harga ttabel α = 0,05 dan dk 74 diperoleh 1,665. Karena pengujian hipotesis dalam tabel penelitian ini menggunakan uji t diketahui thitung = 5,851 sehingga thitung > ttabel, dalam kasus ini terdapat pengaruh yang positif dan signifikn antara media pembelajaran Information And Communication Technology terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Nur Azizi T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO SK-2016 EKO 112 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Teknologi Informasi; Komunikasi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 04:03 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20300 |