Veronika, Ika (2016) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 7123141057 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
NIM. 7123141057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (17MB) | Preview
NIM. 7123141057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
NIM. 7123141057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
NIM. 7123141057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
NIM. 7123141057 TABLES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
NIM. 7123141057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
NIM. 7123141057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
NIM. 7123141057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
NIM. 7123141057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
NIM. 7123141057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada pengaruh pola asuh
orangtua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS
SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dan disiplin belajar terhadap
prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Dharma Pancasila Medan
Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Ekspost Fakto. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Dharma Pancasila Medan
yang berjumlah 75 siswa. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel total
yaitu sebanyak 75 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
angket, dokumentasi, dan observasi. Uji validitas untuk analisis butir angket
mengunakan rumus Product Moment, dan reliabilitasnya diperoleh dengan
menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda dan untuk membuktikan
kebenaran hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20,
diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 36,128 + 0,404 X1 + 0,361 X2.
Selanjutnya variabel pola asuh orangtua (X1) memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa (X) dengan nilai thitung >
ttabel (4,833 > 1,666). Sementara disiplin belajar (X2) juga memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung sebesar
4,822 dan ttabel sebesar 1,666. Secara bersama-sama pola asuh orangtua dan
disiplin belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi
belajar siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (40,875 > 3,12). Persentase sumbangan
pengaruh pola asuh orangtua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa
sebesar 53,2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 097 |
Keywords: | Pola Asuh Orangtua; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 03:37 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20299 |