Sudarmi, Neneng (2016) DAMPAK PEMEKARAN KABUPATEN NAGAN RAYA DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3123121037 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM. 3123121037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
3. NIM. 3123121037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 3123121037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM. 3123121037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 3123121037 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 3123121037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3123121037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
12. NIM. 3123121037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
13. NIM. 3123121037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pemekaran Kabupaten Nagan Raya, faktor-faktor pemekaran Kabupaten Nagan Raya dan juga untuk mengetahui dampak pemekaran Kabupaten Nagan Raya dalam bidang pendidikan.
Metode yang di gunakan adalah Deskriptif-Kualitatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Metode Penelitian Lapangan (field research) di kombinasikan dengan Penelitian Kepustakaan (library research), Yaitu dengan mengumpulkan data – data secara objektif berdasarkan hasil wawancara dengan warga tokoh-tokoh masyarakat yang mengetahui tentang pemekaran kabupaten Nagan raya dan dampaknya dalam bidang pendidikan serta mengkolaborasikannya dengan tulisan-tulisan di dalam Buku-Buku yang berkaitan dengan Pemekaran kabupaten Nagan Raya.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, pemekaran kabupaten Nagan Raya di awali dengan keinginan oleh masyarakat yang ada di Nagan Raya itu sendiri, bukan dari pusat. Para tokoh yang ada di Nagan Raya menilai bahwa Nagan Raya sudah pantas untuk di jadikan sebagai Kabupaten. Baik itu dari segi penduduk, wilayah, pandapatan, maupun kemakmuran. Kedua, ketika ide pemekaran tersebut muncul, seluruh lapisan masyarakat menyambut dengan baik niat tersebut, baik itu masyarakat yang ada di Nagan Raya maupun masyarakat yang berada di Kabupaten Induk (Aceh Barat), sehingga pada tahun 2002 di bentuklah Kabupaten Nagan Raya sesuai dengan Undang-Undang No 4 Tahun 2002. Ketiga, setelah pemekaran Kabupaten Nagan Raya, kondisi pendidikan di Kabupaten yang di bentuk sudah banyak mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya jumlah sekolah maupun siswa, semakin baiknya sarana dan prasarana yang menunjang proses belajar mengajar (PBM) di sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa Pemekaran Kabupaten Nagan Raya berdampak positif dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang pendidikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 SJRH 078 |
Keywords: | Pemekaran; Pendidikan; Kabupaten Nagan Raya |
Subjects: | J Political Science > JS Local government. Municipal government L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 04:24 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20279 |