Wahyuni, Nana (2016) KORELASI PEMAHAMAN KONSEP MORAL DENGAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 3 HINAI KABUPATEN LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3123111050 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 3123111050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM. 3123111050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 3123111050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM. 3123111050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 3123111050 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 3123111050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3123111050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
12. NIM. 3123111050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. 3123111050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi pemahaman konsep moral dengan karakter siswa SMP Negeri 3 Hinai. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitiandeskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk memeperoleh data yang dibutuhkan adalah observasi dan angket.penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Hinai dengan jumlah populasi yaitu seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 320 siswa, dan dalam menentukan sampel diambil sebanyak 10% dari jumlah populasi yaitu 32 orang yang diambil secara acak sederhana atau random sampling. Pada penelitian ini teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis korelasi. Teknik ini berfungsi untuk mengolah data kuantitatif. Untuk menghitung koefisien pemahaman konsep moral dengan karakter siswa digunakan rumus statistik product moment. Korelasi anatara variabel x dan variabel y menunjukkan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (rhitung >rtabel ) atau 0,674 > 0,349 pada taraf signifikansi 5% terdapat korelasi antara pemahaman konsep moral dengan karakter siswa SMP Negeri 3 Hinai. Untuk mengetahui apakah hipotesis kerja dan hipotesis alternatif (Ha) diterima atau ditolak dilakukan uji ” t”. Dari analisis hasil penelitian diperoleh thitung>ttabel atau 4,99 > 2,042 pada taraf signifikansi 5% pada derajat kebebasan (dk) = n–2 (32-2=30) maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima yaitu terdapat korelasi antara pemahaman konsep moral dengan karakter siswa SMPNegeri 3 Hinai, dan hipotesis nihil (Ho) ditolak yaitu tidak terdapat korelasi antara pemahaman konsep moral dengan karakter siswa SMP Negeri 3 Hinai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKN 089 |
Keywords: | Moral;Karakter;PKN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 02:03 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20259 |