Novani., Fiqih (2016) PERAN GURU PPKn DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 LIMAPULUH TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.3123111024 Cover.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
2. NIM.3123111024 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. NIM.3123111024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM.3123111024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
5. NIM.3123111024 Table Of Contant .pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM.3123111024 Table. pdf.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM.3123111024 Apendex List.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM.3123111024 Chapter 1.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
12.NIM.3123111024 Chapter 5 .pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
13.NIM. 3123111024 Bibliography .pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui peran guru PPKn dengan menggunakan media power point untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Limapuluh yang berjumlah 499 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 siswa dengan mengambil 10% dari jumlah populasi secara acak sederhana (Random Sampling). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi dan penyebaran angket (questioner). Untuk mengetahui analisis data yang terkumpul, penulis menggunakan tabel frekuensi dengan rumus statistik sederhana (persentase). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PPKn dengan menggunakan media power point untuk meningkatkan minat belajar siswa sangatlah penting. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar sebelumnya yang masih belum optimal dikarenakan guru masih mengajar dengan menggunakan metode ceramah saat mengajar, yang menyebabkan siswa tidak semangat dalam belajarnya, siswa juga menjadi bosan dan mengantuk saat melihat dan mendengarkan guru menjelaskan didepan. Maka dari itu terlihat jelas dari hasil penelitian ini, dibutuhkan metode lain untuk mengubah proses belajar mengajar yaitu dengan menggunakan media power point. Sehingga sudah dapat dipastikan proses belajar mengajar dalam mata pelajaran PPKn yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan media power point di SMA Negeri 1 Limapuluh dapat meningkatkan minat dan semangat belajar siswa dan proses belajar mengajar berjalan secara optimal sesuai dengan yang diharapkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKN 094 |
Keywords: | Peran Guru; Media, Power Point; Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 04:27 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20229 |