Tambunan, Himren (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU IPS DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMP NEGERI 4 SIBORONGBORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. HIMREN TAMBUNAN NIM 8146131004 Cover.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. HIMREN TAMBUNAN NIM 8146131004 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3. HIMREN TAMBUNAN NIM 8146131004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. HIMREN TAMBUNAN NIM 8146131004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. HIMREN TAMBUNAN NIM 8146131004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. HIMREN TAMBUNAN NIM 8146131004 DAFTAR Gambar.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. HIMREN TAMBUNAN NIM 8146131004 DAFTAR tabel.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. HIMREN TAMBUNAN NIM 8146131004 DAFTAR Lampiran.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
9. HIMREN TAMBUNAN NIM 8146131004 BAB 1.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
13. HIMREN TAMBUNAN NIM 8146131004 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. HIMREN TAMBUNAN NIM 8146131004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru IPS dalam menyusun RPP model kooperatif Make A Match dan meningkatkan kemampuan guru IPS menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match melalui supervisi klinis di SMP Negeri 4 Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara. Subyek penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara yang berjumlah lima orang, dengan focus penelitian adalah kemampuan guru IPS menyusun RPP model pembelajaran Kooperatif Make A Match dan menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match, desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 79,00 dengan kategori cukup dan kemampuan menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match sebesar 80,00 dengan kategori Baik. Pada siklus kedua rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 94,00 dengan kategori sangat baik, dan menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match 94,17 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru IPS menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match di SMP Negeri 4 Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Tam u |
Keywords: | Supervisi klinis; Kemampuan make a match; Model pembelajaran; Supervisi akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 04:19 |
Last Modified: | 10 Oct 2017 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20227 |