Sukatendel, Kevin Reza (2016) PERAN GURU PKN DALAM MENANAMKAN MORAL PADA SISWA KELAS VII SMP YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA KUALA KAB. LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 3123311025 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2 NIM. 3123311025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
3 NIM. 3123311025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4 NIM. 3123311025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5 NIM. 3123311025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6 NIM. 3123311025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7 NIM. 3123311025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
11 NIM. 3123311025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
12 NIM. 3123311025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PKn dalam menanamkan
moral siswa SMP Swasta Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa kuala. Adapun
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.
Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan cara observasi,angket dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Yayasan Pendidikan Harapan
Bangsa Kuala yang berjumlah 105 orang siswa dan sampel yang digunakan adalah
35 % dari jumlah populasi sebanyak 36 orang, yang ditetapkan dengan acak
sederhana (Random Sampling). Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini dengan menggunakan rumus tabel frekuensi. Hasil penelitian yang
dilakukan penulis terhadap guru PKn dan siswa SMP Swasta Yayasan Pendidikan
Harapan Bangsa Kuala yaitu berjumlah 36 orang, dapat disimpulkan bahwa guru
PKn sudah berperan dalam menanamkan moral siswa. Hal ini dilihat dari upaya
guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanamkan moral siswa kelas VII
SMP Swasta Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala. Adapaun usaha
menanamkan moral siswa melalui pembelajaran, guru memberikan pemahaman
tentang moral, selalu memberikan motivasi, tidak hanya memberi pemahaman
saja tetapi guru juga memberikan contoh sikap yang dapat ditiru siswa dan sikap
yang positif terhadap siswa agar dapat mengarahkan siswa memiliki moral yang
lebih baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKN 120 |
Keywords: | Peran Guru; PKN; Moral |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20225 |