Hamami (2016) PENGEMBANGAN MODEL PENGORGANISASIAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MELALUI SUPERVISI SEBAYA. Masters thesis, UNIMED.
01 NIM 8146132041 COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
02 NIM 8146132041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
03 NIM 8146132041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
04 NIM 8146132041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
05 NIM 8146132041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
06 NIM 8146132041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
07 NIM 8146132041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
08 NIM 8146132041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
09 NIM 8146132041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13 NIM 8146132041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14 NIM 8146132041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menemukan model faktual pengorganisasian Musyawarah Guru Mata Pelajaran (2) mendesain model teoretik pengorganisasian Musyawarah Guru Mata Pelajaran melalui supervisi sebaya. Penelitian ini terdiri atas tiga tahap, yaitu (1)tahap studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap evaluasi. Subjek uji coba penelitian pengembangan level 1 ini hanya dilakukan secara teoretis melalui uji validasi internal oleh pakar dan praktisi. Uji coba validasi internal dilakukan dalam Focus Group Discussion (FGD). Subjek uji coba teoretis terdiri dari delapan orang praktisi dan tiga orang pakar (expert judgement). Objek uji coba adalah kualitas model pengorganisasian MGMP melalui supervisi sebaya. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah angket dan wawancara serta analisis dokumentasi. Alat pengumpul data yang berupa angket menggunakan skala linkert. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil uji coba penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) rata-rata skor penilaian praktisi terhadap rancangan model adalah 4,6 dan dalam kategori baik, (2) rata-rata skor penilaian pakar terhadap rancangan model adalah 3,8 dan dalam kategori baik. Dari hasil uji coba yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa rancangan pengembangan model pengorganisasian MGMP melalui supervisi sebaya dapat ditindak lanjuti untuk diuji coba secara empiris.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Ham p |
Keywords: | Pengembangan; Pengorganisasian MGMP; Supervisi sebaya; Organisasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 08:56 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20202 |