Ritonga, Mael (2014) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, PEMBERIAN KOMPENSASI, DAN IKLIM KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SMP SWASTA SE-KECAMATAN TORGAMBA KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (828kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan persepsi guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru. (2) Hubungan pemberian kompensasi dengan kinerja guru. (3) Hubungan iklim kerja dengan kinerja guru. (4) Hubungan persepsi guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah, pemberian kompensasi, dan iklim kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SMP Swasta se-Kecamatan Torgamba Labuhanbatu Selatan dengan jumlah sampel sebanyak 144 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportionate stratified random sampling. Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang sesuatu gejala pada penelitian. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validasi dan uji reliabilitas. Instrumen angket Kinerja guru diambil dari Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) tahun 2012 yaitu Alat Pengukur Kinerja Guru (APKG) yang terdiri dari 14 Kompetensi. Instrument angket kinerja guru yang valid diperoleh 27 Butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0.877. Instrument angket persepsi guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah yang valid diperoleh 27 Butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0.886. Instrument angket pemberian kompensasi yang valid diperoleh 26 Butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0.900. Instrument angket iklim kerja yang valid diperoleh 25 Butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0.893 berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan : 1) terdapat hubungan yang berarti antara persepsi guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar ry1.23 > rtabel (0,334 > 0,176) dan thitung > ttabel (4,224 > 1,645). 2) terdapat hubungan yang berarti antara pemberian kompensasi dengan kinerja guru sebesar ry2.13 > rtabel (0,334 > 0,176) dan thitung > ttabel (6,871 > 1,645). 3) terdapat hubungan yang berarti antara iklim kerja dengan kinerja guru sebesar ry3.12 > rtabel (0,336 > 0,176) dan thitung > ttabel (6,612 > 1,645). 4) terdapat hubungan yang berarti antara persepsi guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah, pemberian kompensasi, dan iklim kerja dengan kinerja guru sebesar Ry(123) > rtabel (0,304 > 0,176) dan Fhitung > Ftabel (20,437 > 2,65). Hasil penelitian diperoleh persepsi guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah, pemberian kompensasi, dan iklim kerja secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 55,19 % terhadap kinerja, dan sisanya ditentukan keadaan lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.201 Rit h |
Keywords: | Kinerja guru; Iklim kerja; Pemberian kompensasi; Kepemimpinan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 03:40 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20193 |