Nababan, Friska (2016) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU GEOGRAFI SMA DI KECAMATAN BABUL MAKMUR KABUPATEN ACEH TENGGARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3123331021 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. 3123331021. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
4. NIM. 3123331021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
3. NIM. 312333102 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 3123331021 DARTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 3123331021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
7. NIM. 3123331021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
8. NIM. 3123331021 BAB I.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
13. NIM. 3123331021 BAB VI.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
14. NIM. 3123331021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik Guru Geografi SMA di Kecamatan Babul Makmur Kabupaten Aceh Tenggara.
Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Babul Makmur Kabupaten Aceh Tenggara tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi di Kecamatan Babul Makmur dan sekaligus menjadi sampel (total sampel). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung. Teknik analisis yang digunakan deskriptif kualitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru geografi SMA di Kecamatan Babul Makmur Kabupaten Aceh Tenggara yang mencakup 10 indikator yakni : (1) Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, sosial-emosional, moral, spiritual. (2) Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. (3) Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran geografi. (4) Menyelenggarakan pembelajaran mendidik. (5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran geografi. (6) Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. (7) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. (8) Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. (9) Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. (10) Melakukan tindakan refleksi untuk peningkatan kualitas pembelajaran dalam kategori baik (77,09%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 105 |
Keywords: | Kompetensi Guru;Pedagogik;Profesional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 03:21 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20189 |