Tampubolon, Poltak Rianto (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA ST. YOSEPH MEDAN (STUDI EMPIRIS DI SMA ST. YOSEPH MEDAN). Masters thesis, UNIMED.
1 Nim. 8106122074 Cover.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2 Nim. 8106122074 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
3 Nim. 8106122074 Abstrak.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4 Nim. 8106122074 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5 Nim. 8106122074 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
6 Nim. 8106122074 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7 Nim. 8106122074 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8 Nim. 8106122074 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
9 Nim. 8106122074 Bab I.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13 Nim. 8106122074 Bab V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14 Nim. 8106122074 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif Tipe STAD; (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas tinggil ebih tinggi daripada siswa yang memiliki kreativitas rendah; dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar matematika SMA Santo Yoseph Medan. Penelitian ini dilakukan pada SMA Santo Yoseph Medan Kelas XI IPS semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 terhadap hasil belajar matematika siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling berdasarkan kreativitas siswa, sehingga sampel penelitian ini pada kelompok pembelajaran masing-masing terdiri dari 39 untuk eksperimen dan 37 orang untuk kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan Uji F dan Barlett, pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif Tipe STAD, pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 4,54 dan Ftabel = 4,00, jadi Fhitung> Ftabel = 4,54 > 4,00. Hipotesis telah teruji kebenarannya, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak; (2) Hasil perhitungan tentang perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 38,22 dan Ftabel = 4,00, jadi Fhitung> Ftabel = 38,22>4,00, maka hipotesis telah teruji kebenarannya, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak; (3) Hasil perhitungan Anava faktorial 2x2 diperoleh hasil perhitungan Fh = 8,42 dan harga tabel Ft = 4,00 adalah Ft(0,05)(1,72) = 4,00, sehingga dapat dinyatakan bahwa Fh(8,42) > Ft(4,00), maka hipotesis telah teruji kebenarannya, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian semakin baik strategi pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi matematika, maka semakin tinggi hasil belajar matematika siswa, atau semakin tinggi kreativitas siswa dengan strategi pembelajaran, maka semakin tinggi pencapaian kompetensi yang diperoleh siswa, interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Akan tetapi pengaruh strategi pembelajaran lebih banyak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dibandingkan dengan kreativitas siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Tam p |
Keywords: | Pembelajaran; Strategi pembelajaran; Hakikat matematika; Kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 07:58 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20166 |