Turnip, Osda (2016) IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERLANDASKAN PERMENDIKBUD NO.65 TAHUN 2013 DI SMA KABUPATEN SAMOSIR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 3123331039 Cover.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2.3123331039 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
3.3123331039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4.3123331039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5.3123331039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6.3123331039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7.3123331039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8.3123331039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9.3113131060 BAB I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
14.3123331039 BAB VI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15.3123331039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui implementasi standar proses dalam pembelajaran Geografi di SMA Kabupaten Samosir berdasarkan Permendikbud No.65 Tahun 2013.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kabupaten Samosir tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA yang berada pada Kabupaten Samosir yang berjumlah 16 sekolah, Sampel ditetapkan secara purposif dengan memilih 3 SMA Negeri dan 2 SMA Swasta, SMA yang dipilih adalah SMA Negeri 2 Pangururan,SMA Negeri 1 Palipi,SMA Negeri 1 Sianjur Mulamula,SMA Swasta Karya Jaya Pangururan dan SMA Swasta Advent Simbolon. Sumber data dalam penelitian ini adalah 5 orang Guru Geografi, dan 5 orang wakil kepala sekolah bagian kurikulum.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi,dan studi dokumenter, kemudian dalam menganalisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Standar Proses dalam Pembelajaran Geografi di SMA Kabupaten Samosir tergolong dalam kategori cukup (72,49%), hal ini diperoleh dari persentase keempat aspekpada standar proses diantaranya aspek Perencanaan Proses Pembelajaran yang tergolong dalam kategori cukup (73,60%), aspek Pelaksanaan Proses Pembelajaran tergolong dalam kategori cukup (71,60%), pada aspek Penilaian Hasil Pembelajaran tergolong dalam kategori cukup (71,66%) dan pada aspek Pengawasan Proses Pembelajaran tergolong dalam kategori cukup (72,77%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 103 |
Keywords: | Pendidikan Nasional; Standar Pengolahan;Guru |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 06:48 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20157 |