Riana, Elva Sefta (2016) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS DI SMA SWASTA RK DELI MURNI BANDAR BARU SEMESTER GENAP T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
3123331015 cofer.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
3123331015 Lembar Pengesahan dan Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
3123331015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
3123331015 Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
31233331015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
3123331015 daftar tabel.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
3123331015 Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
3123331015 Daftar gambar.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
3123331015 BAB I.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3123331015 BAB VI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
3123331015 daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pendidikan karakter siswa di
kelas XI IPS SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru dan (2) Pengaruh pendidikan
karakter terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA Swasta RK Deli
Murni Bandar Baru Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang ada di SMA Swasta RK
Deli Murni Bandar Baru yang berjumblah 53 orang. Pengambilan sampel dilakukan
dengan total sampling sehingga seluruh populasi digunakan sekaligus menjadi sampel
yaitu 53 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
komunikasi tidak langsung dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan hipotesa.
Hasil menunjukkan : (1)Pendidikan karakter di SMA Swasta RK Deli Murni
Bandar Baru dapat dikategorikan baik hal ini dari hasil pengelolahan data terhadap
indikator pendidkan karakter yakni(religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, cinta lingkungan,
peduli sosial, tanggung jawab) sebagian besar responden berada dalam kategori baik
(44,91%), 30,46% dalam kategori sangat baik dan sebagian lagi dalam kategori cukup
baik (24,63%). (2)Ada Pengaruh yang signifikan pendidikan karakter terhadap hasil
belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru
Semester Genap T.A 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan besar kontribusi 56,25%
dan dalam pengujian hipotesis nilai thitung sebesar 12.22 jika dibandingkan dengan
harga ttabel 1.67 yang berarti thitung > ttabel diantara signifikan 0,000>0,005.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 089 |
Keywords: | Pendidikan Karakter;Regilius; Disiplin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 03:41 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20145 |