Sitohang, Risma (2011) KONSEP DASAR IPS. [Teaching Resource]
Fulltext.pdf - Published Version
Download (883kB) | Preview
Abstract
Ilmu pengetahuan sosial merupakan suatu program pendidikan yang mengintegrasikan konsep-konsep dasar terpilih dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora ,untuk tujuan pembinaan warga negara yang baik. Melalui mata
pelajaran IPS di sekolah dasar para siswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan dan wawasan tentang konsep-konsep dasar ilmu sosial dan humaniora, memiliki kepekaan dan kesadaran terhadap masalah sosial di lingkungannya,serta memiliki keterampilan mengkaji dan memecahkan masalah-masalah sosial tersebut. Melalui mata pelajaran IPS diharapkan para siswa dapat terbina menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab.
Untuk dapat megajarkan IPS dengan baik maka bagi calon guru/mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep-konsep dasar ilmu-ilmu sosial. Oleh karena itu sebagai calon guru, mahasiswa diharapkan untuk mempelajari buku bahan ajar konsep dasar IPS ini dengan baik.
Buku ini dirancang untuk membantu memantapkan wawasan mahasiswa calon guru kelas sekolah dasar tentang konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan dasar dalam ilmu-ilmu sosial yang dipersyaratkan bagi pendidikan IPS sekolah dasar.
Buku bahan ajar secara garis besar berisi tentang konsep-konsep IPS yang berasal dari ilmu-ilmu sosial; Sosiologi, Antropologi, Ilmu Politik, Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Koperasi.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Keywords: | Guru; Ilmu sosial; Perekonomian; Pembangunan; Masyarakat; Keterampilan dasar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 06:58 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20114 |