Lestari, Siti Indah (2016) ANALISIS PERKEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN SEJARAH DARI MASA KE MASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3123121051 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. NIM. 3123121051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
3. NIM. 3123121051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 3123121051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 3123121051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 3123121051 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3123121051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3123121051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
12. NIM. 3123121051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
13. NIM. 3123121051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pendidikan di Indonesia khususnya pada mata pelajaran sejarah, untuk mengetahui perkembangan kurikulum sejarah dari masa awal kemerdekaan Indonesia hingga saat ini, untuk mengetahui pergerakan pendidikan sejarah sebagai mata pelajaran yang membangun karakter bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan data yang didapatkan dari sumber tertulis akan diidentifikasi kemudian dianalisis sehingga menjadi data yang akurat. Penulis juga melakukan refleksi terhadap data yang didapat melalui sumber tertulis lainnya yang berkaitan dengan data tersebut. Setelah itu penulis akan mendeskripsikan data tersebut dengan data-data yang sudah tersedia sebelumnya. Selain itu untuk mendukung penelitian ini penulis juga mengumpulkan buku yang berkaitan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diketahui bahwa pendidikan di Indonesia senantiasa terus mengalami perubahan. Tidak menutup kemungkinan bahwa kurikulum pun berubah termasuk kurikulum mata pelajaran sejarah. Perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia diawali dengan berubahnya kurikulum 1947 yang saat itu masih diwarnai oleh pendidikan Belanda dengan kurikulum 1952 (terurai), yang kemudian berganti kembali kepada kurikulum 1964 sebagai tanda pendidikan masa orde lama yang menekankan pendidikan kepada penegakan Pancasila. Kemudian kurikulum diganti kembali menjadi 1968, 1975, 1984, 1994 ditandai dengan terurainya pelajaran sejarah dari bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Kurikulum di tahun 2004 ditandai dengan diberikannya hak untuk daerah dalam mengembangkan materi sesuai dengan potensi daerah tertentu, hingga kepada kurikulum 2006 dan 2013 saat sekarang ini. Dengan mengemban tugas sebagai mata pelajaran yang dapat membangun karakter bangsa, sejarah di setiap perubahan kurikulum mengalami perkembangan tujuan yang berlaku sesuai dengan kondisi yang dipengaruhi oleh kehidupan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 SJRH 119 |
Keywords: | Pendidikan; Kurikulum; Perkembangan Sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 04:15 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20071 |