Saragih, Nurafni (2016) MANFAAT KETERAMPILAN MENGAJAR GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH, SISWA KELAS XI SMA R.A KARTINI KOTA TEBING TINGGI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3122121006 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 3122121006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
3. NIM. 3122121006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
4. NIM. 3122121006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
5. NIM. 3122121006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 3122121006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 3122121006 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 3122121006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
12. NIM. 3122121006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. NIM. 3122121006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada manfaat antara keterampilan mengajar guru untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa di SMA R.A Kartini Kota Tebing Tinggi T.A 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 58 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 58 orang.jika sabjeknya lebih dari 100 orang, maka sampel dapat diambil antara 10-15% atau 20-25% atau lebih. Berdasarkan Hasil analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus frekuensi. Jika Hipotesis diterima jika responden memilih option A sebesar 15%-100% dan jika hipotesis ditolak jika responden memilih option A dibawah 15%. Dari delapan keterampilan mengajar guru yang mendukung hipotesis terdapat 5 yaitu 65,5% dan yang tidak mendukung hipotesis terdapat 3. Kemudian motivasi belajar sejarah terdapat 5 yang mendukung yaitu 65,5% dan yang tidak mendukung hipotesis terdapat 3. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat manfaat yang positif antara terampilan mengajar guru untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI SMA R.A Kartini Kota Tebing Tinggi T.A 2015/2016”dapat diterima”. Dimana semakin tinggi keterampilan mengajar guru maka semakin tinggi motivasi belajar siswa yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 SJRH 120 |
Keywords: | Keterampilan;Guru; Motivasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 03:21 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20060 |