PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INTRAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD

Sitohang, Risma (2011) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INTRAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD. Jurnal Pedagogik, 06 (02). pp. 101-105. ISSN 1907-4077

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memerhatikan tujuan dan esensi pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sebaiknya penyelenggara pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) mampu mempersiapkan, membina, dan membentuk kemampuan peserta didik yang menguasai pepgetahuan, sikap, nilai, dan kecakapan dasar yang diperlukan bagi kehidupan di masyarakat. Ternyata dilapangan menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tidak tercapai sebagaimana yang diharapkan. Untuk menunjang tercapainya tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tersebut harus didukung oleh iklim pembelajaran yang kondusif. Iklim pembelajaran yang dikembangkan oleh guru mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan dan kegairahan belajar siswa. Kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran. Banyak model pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru untuk mengubah kebiasaan lama yaitu siswanya kurang aktif (pasif) menjadi aktif dan kreatif
selama proses belajar mengajar berlangsung dengan penggunaan model pembelajaran yang interaktif.

Item Type: Article
Keywords: Model pembelajaran; Ilmu sosial; Pembelajaran interaktif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Sep 2016 04:00
Last Modified: 14 Oct 2016 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19978

Actions (login required)

View Item
View Item