IMPLEMENTASI LATIHAN KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI MODEL PEMBIASAAN PRILAKU BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR

Karo-karo, Demmu and Silalahi, Wesly (2015) IMPLEMENTASI LATIHAN KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI MODEL PEMBIASAAN PRILAKU BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR. Project Report. FIP Unimed.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Kurangnya prilaku belajar mahasiswa mata kuliah Pendidikan Jasmani di SD pada kelas B Ekstensi FIP Unimed. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prilaku belajar mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Jasmani di SD pada materi lari sambung (estafet) dengan latihan kelompok.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan yang masing-masing pertemuan 100 menit. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi yang dilaksanakan pada setiap siklus yang terdiri dari indikator prilaku belajar.Dari hasil observasi, kondisi awal rata-rata prilaku belajar sebesar 2,32 dengan kategori kurang. Sedangkan hasil observasi siklus I dengan rata-rata prilaku belajar latihan kelompok 2,66 dengan kategori cukup, berarti ada peningkatan prilaku belajar. Dari hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan pada siklus I bahwa pencapaian yang diperoleh siswa memang sudah meningkat, namun belum mencapai rata-rata yang diharapkan, yang berarti masih dalam kategori cukup. Pada siklus II, data hasil observasi prilaku belajar latihan kelompok mengalami peningkatan menjadi baik. Dimana kategori prilaku belajar sudah jauh lebih baik mengalami peningkatan. Analisis diperoleh data hasil observasi siklus 2 dengan rata-rata prilaku belajar latihan kelompok 3,30 dengan kategori baik, sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus 3.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa Implementasi latihan kelompok dalam meningkatkan prilaku belajar mahasiswa pada materi lari sambung (estafet) terbukti dapat meningkatkan prilaku belajar mahasiswa. Hal ini berarti dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan implementasi latihan kelompok dapat meningkatkan prilaku belajar mahasiswa pada materi lari sambung (estafet).

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 378.154 2 Sil i
Keywords: Latihan kelompok; Perilaku belajar; Model pembelajaran; Kebiasaan; Motivasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 27 Oct 2016 10:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19953

Actions (login required)

View Item
View Item