PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA UNTUK BAHAN PELATIHAN IBU-IBU DALAM MEMBANTU MENGAJAR ANAK DI RUMAH

Karnasih, Ida (2002) PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA UNTUK BAHAN PELATIHAN IBU-IBU DALAM MEMBANTU MENGAJAR ANAK DI RUMAH. Project Report. FMIPA Unimed.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangan kurikulum matematika untuk melatih ibu-ibu dalam membantu mengajar matematika anak-anak secara informal dirumah sambil bermain ataupun digunakan oleh guru-guru play group maupun TK di sekolah.Kurikulum dikembangkan melalui penelitian pengembangan dengan mengkaji literatur tentang pendidikan matematika anak. Hasil kurikulum diuji coba dengan menggunakan penelitian tindakan. Subjek penelitian adalah materi kurikulum mencakup kompetensi dan materi matematika, pendekatan-pendekatan atau strategi,dan alokasi waktu penelitian. Objek penelitian adalah ibu-ibu yang memiliki anak usia 3-8 tahun yang berpendidikan paling rendah SLTP.Dalam hasil penelitian di peroleh materi kurikulum pendidikan matematika untuk pelatihan ibu-ibu dalam membantu mengajar matematika anak dirumah atau disekolah mencakup: (a) maksud dan tujuan pengajaran matematika bagi anak. (b) factor-faktor yang membantu mensukseskan anak dalam balajar matematika. (c) konsep-konsep dan keterampilan matematika untuk anak. (d) strategi dan teknik pembelajaran matematika untuk anak, (e) penggunaan alat bantu dalam mengajar matematika, (f) penggunaan pendekatan permainan, lagu-lagu, dan kreasi matematika, (g) berfikir reflektif dan analitis melalui permainan, (h) penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari dan, (i) praktek mengajar anak.Materi yang dilatihkan kepada ibu-ibu mencakup mengejarkan : bilangan dan lambang bilangan, operasi dan komputasi, geometri dan pengukuran, probabilitas dan statistik, pemecahan masalah, dan estikasi. Kurikulum matematika untuk anak yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah kurikulum berbasis kompetensi.Setrategi yang digunakan dalam penelitian mencakup : diskusi, Tanya jawab, belajar bersama secara kooperatif, permainan, presentasi, dan demonstrasi. Alokasi waktu untuk pelatihan antara 2-3 jam untuk setiap aspek yang dilatihkan disesuaikan dengan tingkat kemampuan matematika ibu-ibu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Kurikulum; Matematika; Pelatihan; Ibu; Mengajar; Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 04 Nov 2016 06:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19942

Actions (login required)

View Item
View Item