Zulhaini (2009) PENERAPAN TEAM BUILDING MCGRATHS MODEL UNTUK MEMBENTUK KEMAMPUAN BEKERJA DALAM TIM PADA MATA KULIAH PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DI JURUSAN PBB SEMESTER I TAHUN 2009. Project Report. FIP Unimed.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
Abstract
Konselor dituntut untuk mengembangkan softskill sejak dini, khususnya kemampuan mahasiswa bekerja dalam tim. Tim (Ivancevich dkk. 2007) adalah kelompok yang cukup matang dengan derajat ketergantungan tertentu di antara anggotanya dan diwarnai dengan adanya motivasi untuk mencapai sebuah sasaran bersama Untuk memperjelas perbedaan antara tim dengan group, Katzenbach dan Smith, 1999 mengidentifikasi 3 karakteristik utama sebuah tim,
yaitu (1) Komitmen, (2) Akuntabilitas/dapat dipertanggungjawabkan, dan (3) Keahlian. Teaching grant ini dilaksanakan dengan disain PTK model Kemmis &
Taggart ada 4 komponen yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi dan evaluasi. Teaching grant dilaksanakan dua siklus di Jurusan BK pada mata kuliah
Psikologi perkembangan.
Peneliti menyimpulkan temuan penelitian bahwa Model membangun tim McGrath's dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa bekerja dalam tim. Menerapkan team building McGrath's Model mahasiswa merasakan pembelajaran ini memberikan kesempatan semua mahasiswa dapat mengaktualisasikan kemampuannya dalam kerja tim. Kesimpulan penelitian ini menerapkan team building McGrath's Model meningkatkan kwalitas pembelajaran mata kuliah psikologi perkembangan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Keywords: | Team; Group; Akuntabilitas; Keahlian; Tugas kelompok; Penghargaan; Tekanan lingkungan; Kepercayaan; Konflik; Komitmen; Tanggung jawab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 19:17 |
Last Modified: | 11 Nov 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19933 |