KAJIAN KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MITRA PPL PGSD

Fadila, Meuthia and Juwitaningsih, Tita and Ampera, Dina (2011) KAJIAN KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MITRA PPL PGSD. Project Report. FT UNIMED.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Isu gender merupakan sebuah wacana dan pergerakan untuk mencapai kesetaraan peran, hak dan kesempatan antara laki-laki dan perempuan. Isue gender diangkat dari adanya perlakuan diskriminatif yang terjadi dalam konstruksi sosial masyarakat, khususnya dalam masyarakat yang menganut sistem kekerabatan patrilineal. Pergerakan gender ini berputar disekitar permasalahan yang umum terjadi terhadap anak perempuan, yaitu stereotyping, marginalisasi, subordinasi, beban ganda, dan kekerasan. Sebagai upaya mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG), dan di Indonesia, pergerakan ini telah mendapatkan sebuah tempat dalam konstitusi dengan adanya Inpres No. 9 Tahun 2000, oleh karena itu, yang menjadi perumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pemahaman gender pembelajaran sekolah dasar pada umum, dalam hal ini pada siswa-siswi di Kota Medan, Binjai dan Deli Serdang.Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui pengetahuan yang dimiliki oleh siswa Sekolah Dasar mengenai pemahaman gender, serta untuk mengungkapkan berbagai kondisi gender yang telah lama tersosialisasi begitu lama dalam sistem sosial masyarakat. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan deskriptif dengan metode survei. Lokasi penelitian bertempat di MEBIDANG, responden merupakan siswa-siswi SD yang aktif sekolah.Berdasarkan perolehan data dan hasil analisa penelitian, disimpulkan bahwa responden (70,69%) tidak mengetahui dengan baik gender sebenarnya. Hampir keseluruhan responden (52,81%) melekatkan gender dan jenis kelamin memiliki pengertian yang sama.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 305.307 Fad k
Keywords: Kesetaraan gender; Pendidikan; Diskriminasi; Ketidakadilan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 03 Feb 2017 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19848

Actions (login required)

View Item
View Item