Milfayetty, Sri (2007) IDEOLOGI PENDIDIKAN. Jurnal Tabularasa, 4 (1). pp. 1-14.
TABULARASA VOL 04 NO1 JUNI 2007Sri Milfayetty.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Ideologi pendidikanIdeologi sebagai arah perjalanan seluruh kehidupan bangsa. Meskipun manusia tidak akan sampai kepada kesempurnaan tetapi kehidupan akan lebih berarti jika berjalan menuju standar kehidupan yang agung. Perkembangan kehidupan bangsa yang agung. Perkembangan kehidupan bangsa ini dapat bersumber dari tidak melekatnya ideologi dalam teori dan praktek pendidikan. Ideologi adalah suatu keyakinan, pedoman, petunjuk hidup, rumusan nilai-nilai yang menjadi landasan berpijaknya sebuah prilaku dan arah yang dituju sebagai cita-cita ideal. Ideologi adalah suatu keyakinan, pedoman, petunjuk hidup, rumusan nilai-nilai yang menjadi landasan berpijaknya sebuah perilaku dan arah yang dituju sebagai cita-cita ideal. Berdasarkan ideologi pendidikan, pendidikan kritis dan libertarian yang didasarkanpada Pancasila maka hakikat pendidikan adalah membebaskan manusia dari belenggu yang mengungkung potensi kemanusiaannya. Pendidikan dilaksanakan dengan dasar filosofi dan teori yang mengacu kepada nilai-nilai idealis pendidikan yang tidak hanya benar tetapi harus kuat dan bermakna luas bagi terbentuknya kemanusiaan manusia.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Ideologi; Pendidikan; Ideologi pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Mar 2016 02:12 |
Last Modified: | 29 Mar 2016 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/198 |